Selasa, 15 Februari 2011

Puluhan Siswa Smakot Ikuti Diklat Jurnlis Pasundan Ekspres

SUBANG-Sedikitnya 60 siswa siswi SMA PGRI I Subang, Rabu (16/2) kemarin, mengikuti acara Diklat Jurnalis di kampus mereka di jalan Otto Iskandardinata No 83 Subang. Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 13.00 itu, pemateri yang berasal dari staf redaksi Harian Umum (HU) Pasundan Ekspres, sedikitnya menyampikan 4 meteri, diantaranya dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan serta teknik liputan.
“Dalam dunia jurnalis, dikenal beberapa macam media, diantaranya media cetak, elektronik dan seiring dengan kemajuan teknologi, kini hadir media online. Dari ketiga jenis media itu, memiliki karakter masing-masing,” kata salah satu pemateri, Latu Mubyarsah dihadapan peserta Diklat.
Selain materi seputar dasar-dasar jurnalis, dalam Diklat tersebut juga disampaikan teknik penulisan berita. Pemimpin Redaktur HU Pasundan Ekspres, Mochamad Rezza Rizaldi dalam pemaparan materinya menjelaskan, terdapat beberapa macam wawancara yang dikenal dikalangan wartawan. “Setidaknya ada lima jenis wawancara, yakni wawancara berita, pribadi, ekslusif, sambil lalu dan keliling,” kata Reza.
“Untuk wawancara sambil lalu, biasanya hanya konfirmasi tambahan kepada salah satu narasumber. Sebelumnya, wartawan yang bersangkutan sudah memiliki data tentang permaslahan yang hendak diangkat itu,” lanjut Reza.
Kendati sempat diguyur hujan, namun tidak mengurangi antusiasme dari para siswa SMA yang terkenal dengan sebutan Smakot untuk mengikuti jalannya Diklat tersebut.
“(Diklat) ini sangat bermanfat. Apalagi bagi kami, yang baru pertama kali mengikutinya, sehingga kami mendapat wawasan baru dalam bidang kejurnalisan,” kata salah satu peserta Diklat, Edi Supriadi yang ditemui usai mengikuti Diklat.
“Kedepannya, mudah-mudahan Diklat ini dikembangkan lagi bagi kalangan pelajar. Sehingga bisa memperbanyak pengetahuan dalam bidang tulis menulis,” lanjut Edi, yang juga ketua OSIS Smakot.
Sementara nampak suasana penuh kehangatan pada Diklat yang digelar diruangan multi media, lantai 2 Smakot tersebut. Penyampaian yang hangat dan cukup komunikatif yang disampaikan oleh pemetri, menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta diklat, meskipun pelaksnaannya pada siang hari.(ink)

http://pasundanekspres.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar