Selasa, 22 Maret 2011

Pertambangan dan Energi

Pertambangan

Minyak Bumi dan Gas

Kabupaten Subang merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi dan gas alam, bahkan potensi migasnya terbilang cukup besar. Hingga tahun 2006 tercatat 65 sumur telah di ekplorasi di 17 lokasi produksi, dengan jumlah produksi gas alam mencapai 250 MMSCF dan produksi minyak bumi sebesar 2.100 BOPD per hari.
Data Potensi Minyak Bumi dan Gas Alam


Jenis

Lokasi

Potensi

Minyak Mentah

Pedataran Subang

169, 5 Juta Barel

Gas Asosiasi

Pedataran Subang

718, 7 BCF

Gas Non Asosiasi

Pedataran Subang

3218, 1 BCF

Gas CO2

Cikaret

+ 497 BCF
Sumber : Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Subang
Sumber Daya Mineral

Kabupaten Subang memiliki berbagai jenis sumber daya mineral. Potensi sumber daya pada sektor ini yang paling besar adalah bahan galian C. Dari jenis bahan mineral tersebut yang paling banyak ditambang dan dimanfaatkan adalah jenis bahan galian untuk bahan bangunan seperti batu belah, pasir dan sirtu. Sedangkan jenis bahan galian yang potensial untuk ditambang yang tersebar di beberapa kecamatan adalah sebagai berikut :

Jenis

Lokasi

Potensi

Pasir Pantai

Legonkulon, Pamanukan, Blanakan

210 Juta

Lempung

Blanakan, Patokbeusi, Ciasem, Pamanukan, Compreng, Pusakanagara

Lempung dan Trass

Pabuaran, Cikaum, Kalijati, Pagaden

+ 150 Km2

Sirtu

Cipeundeuy, Blanakan, Ciasem, Compreng, Cipunagara, Cibogo, Subang

Tersebar di daerah
Aliran sungai

Gypsun

Subang

+5 Juta m3

Batu Belah

Cijambe, Cisalak, Tanjungsiang, Jalancagak, Sagalaherang

+2juta m3

Batu Gunung

Jalancagak

Belum dievaluasi

Pasir Gunung

Jalancagak

Belum dievaluasi

Pasir

Cipeundeuy, Kalijati, Subang, Cijambe

+1,2 Milyar M

Puzolan

Cijambe, Sagalaherang

+ 200 Juta M

Belerang

Jalancagak

+ 20 Juta

Yarosite

Jalancagak

+ 50 juta

Batu Gamping

Kalijati, Cijambe

Belum dievaluasi
Sumber : Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Subang
Energi

Panas Bumi

Berdasarkan informasi terakhir dari GeoSoft Asia, wilayah Kabupaten Subang memiliki kandungan panas bumi (geothermal) yang sangat potensial. Pemboran geothermal pada kedalaman 400 m dapat menghasilkan sumber panas yang cukup untuk kebutuhan energi listrik. Potensi geothermal di Kabupaten Subang dapat dikembangkan secara optimal sebagai sumber energi.

Sumber Energi Lainnya

Sumber Daya Biomasa
Biomasa adalah sumber energi yang berasal dari bahan-bahan nabati, termasuk limbah yang berasal dari manusia dan hewan. Biomasa ini dapat berbentuk padat, cair dan gas. Biomasa masih banyak dipakai terutama daerah pedesaan, diperkirakan sebesar 40 % dari total pemakaian nasional. Di Kabupaten Subang hingga sekarang belum ada data pasti tentang penggunaan biomasa sebagai sumber energi.

Sumber Daya Tenaga Surya
Energi surya mulai dikembangkan sejak tahun 1960-an, yaitu untuk pemanasan. Indonesia memiliki potensi energi surya yang cukup tinggi, yaitu 4.825 kwh/m2/hari. Secara akumulatif, bila seluruh potensi dimanfaatkan, akan mencapai 9,63 x 106 MW jika diperhitungkan luas daratan Indonesia 2 juta kilometer persegi atau 0,1 % dari luas Indonesia, maka Kabupaten Subang secara potensial memiliki energi surya sebesar 9,63 x 10³ MW

Sumber Daya Tenaga Angin
Energi angin mulai dikembangkan di Indonesia sejak awal tahun 1970-an oleh LAPAN. Pengembangan tenaga angin sampai sekarang ini terutama untuk pembangkit tenaga listrik skala kecil untuk memompa air laut ke tambak garam, dan untuk aerasi tambak udang. Kecepatan angin di wilayah Pantai Laut Jawa termasuk wilayah Kabupaten Subang diperkirakan sekitar 4 m/d - 5 m/d. Kecepatan ini diperkirakan mampu untuk memutar turbin angin skala kecil.

Sumber Daya Air Bawah Tanah
Potensi sumber air dapat menunjang keberhasilan pembangunan, meskipun keadaannya sangat tergantung kepada faktor iklim, geologi, morfologi, vegetasi dan tata guna lahan.
Pemanfaatan sumber air bawah tanah pada umumnya banyak dimanfaatkan pada daerah yang ada kegiatan industri dengan mengandalkan sumber air tanah sebagai satu-satunya sumber air alternatif. Adapun daerah tersebut antara lain wilayah Kecamatan Pabuaran, Cipeundeuy dan Patokbeusi. Potensi air bawah tanah di Kabupaten Subang dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Lokasi

Jenis

Potensi (m3)

Cekungan Ciater

Air dangkal
Air tanah dalam

± 1,7 milyar
± 4 milyar

Cekungan Ranggawulung

Air dangkal
Air tanah dalam

± 1,5 milyar
± 3 milyar
Sumber : Dinas Pertambangan dan Energi Kab. Subang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar