Selasa, 12 April 2011

Angkutan Karyawan Menuai Protes

SUBANG,(GM)-
Munculnya angkutan karyawan PO Berdikari dari PT Daenong Global di Dawuan, Subang mulai menuai protes dari komunitas paguyuban angkutan Kota Subang-Kalijati-Cipeundeuy-Purwadadi, para pedagang di seputar pabrik, karang taruna, dan pemerhati sosial.

Protes baru dilayangkan melalui surat kepada DPRD, Bupati Subang, Polres Subang, dan manajemen PT Daenong Global. "Kami tidak ingin membuat suasana tidak kondusif, tetapi bila persoalan ini tidak ada tindak lanjutnya terserah pada rekan-rekan karena mereka telah kehilangan mata pencaharian," kata Endang, perwakilan pemrotes usai menyerahkan surat resmi aspirasi ke DPRD Subang, Senin (11/4).

Pihaknya tidak menyetujui angkutan karyawan, karena di lapangan sering terjadi perbedaan pendapat sehingga dikhawatirkan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Dikatakan, protes dilakukan karena mengangkut karyawan merupakan rutinitas dan sumber penghasilan. Sehingga bila angkutan karyawan beroperasi, penghasilan para sopir bisa hilang. "Pihak pengusaha tidak pernah melakukan sosialisasi terlebih dulu, sehingga izin formalnya dipertanyakan," ungkap Endang, sopir jurusan Subang-Kalijati.

Sementara Ketua Karang Taruna Dusun 1 Cikadu, A. Suryana mengatakan, kehadiran angkutan karyawan tidak hanya berpengaruh pada angkutan kota, tapi juga lingkungan sekitar seperti pedagang dan pemilik kontrakan. "Kami berharap pihak terkait segera menyelesaikan persoalan ini," katanya.

Anggota Komisi C DPRD Subang, Ir. Benny Rudiono menjelaskan, pihaknya belum menerima secara resmi pengaduan warga termasuk para sopir angkutan tersebut. Namun ia berjanji akan mempertemukan semua pihak terkait sehingga bisa dicari jalan yang terbaik.

Sementara Kapolres Subang, Ajun Komisaris Besar Dadang Hartanto meminta manajemen perusahaan di wilayah kerjanya untuk mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi karyawan maupun lingkungan sekitar menjelang peringatan Hari Buruh pada 1 Mei mendatang.

"Seringkali peringatan itu dipandang negatif dengan melakukan unjuk rasa," katanya saat memberikan pengarahan pada rapat persiapan memperingati Hari Buruh di Aula Mapolres Subang, Senin (11/4) yang dipandu Kepala Sat. Intelkam, Ajun Komisaris Asep M. Hamim dan dihadiri Kepala Dinas Nakertrans, Ade Kusmana, S.P.Si. serta utusan dari beberapa pengusaha. (B.76)**


http://www.klik-galamedia.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar