Kamis, 21 April 2011

ITB Siap Buka S-2 Kelautan

Menteri Kelautan Perikanan Fadel Muhammad berencana membuka program magister (S-2) dalam bidang Ilmu Kelautan dan Perikanan tahun ini. Rencana tersebut akan diwujudkan melalui kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Fadel berharap, ITB bisa memelopori entrepreneur bidang perikanan dan kelautan di Indonesia. “Kami bekerja sama dengan ITB untuk membuat program S-2 sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang siap pakai di lapangan. Kita akan buat kelas khusus di ITB,” kata Fadel baru-baru ini. 

Insinyur lulusan ITB angkatan '72 ini berharap, ITB bisa memelopori entrepreneur terutama bidang perikanan dengan memanfaatkan bahari. Rencananya, program S-2 kelautan dan perikanan mulai dikerjakan tahun ini.

“Entrepreneur bahari adalah orang-orang yang bisa berusaha di bidang kelautan perikanan dengan memanfaatkan laut untuk usaha mereka. Misalnya memanfaatkan rumput laut, budidaya ikan, dan lainnya. Dan ini didukung Rektor ITB,” katanya menerangkan.

Selain akan membuka program S-2, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga menggandeng beberapa perguruan tinggi, termasuk ITB untuk membangun Institut Kelautan Indonesia. Anggaran pembangunan institut tidak bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), tetapi dapat bantuan dari Pemerintah Korea.

“Korea memberikan bantuan penuh Rp350 miliar untuk bangunan dan lainnya. Pembangunn institut ini rencananya mulai tahun depan,” Fadel menambahkan.

Lokasi institut akan berada di Subang, Jawa Barat. Fadel menjelaskan, pihak Korea meminta agar lokasi institut tidak jauh-jauh dari ibu kota Indonesia, Jakarta. “Kami telah berdiskusi dengan Rektor ITB soal bantuan Korea ini. Sekarang kami atur untuk membangun di Subang,” ujarnya.(rfa)

http://kampus.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar