Senin, 25 April 2011

Jembatan Diperbaiki, Pantura Macet Total

Subang - Proyek pengerjaan jembatan Gamon dan jalan sepanjang sekitar 1 km di tapal batas Subang dan Karawang, Jawa Barat, menimbulkan kemacetan total di ruas jalan utama Pantai Utara (Pantura) Jawa tersebut.
Berdasarkan pemantauan Tempo, Senin (25/4), kemacetan terjadi belasan kilometer menuju arah Jakarta mulai dari Gamon hingga Ciasem. Kendaraan yang menggunakan jalan Pantura-Sukamandi terpaksa mengantre berjam-jam

Sejumlah pengemudi terutama sopir bus terpaksa mengambil jalur alternatif via Sukamandi-Purwadadi-Kalijati. Kemudian masuk ke Sadang, Purwakarta, lalu pintu gerbang tol Sadang menuju Jakarta. Tapi, ada juga pengemudi bus yang memilih jalur tengah.

Menurut Salim, sopir bus Luragung Termuda jurusan Kuningan-Jakarta, dia memilih jalur tengah Pamanukan-Subang-Kalijati-Sadang. "Macetnya sudah sampai Ciasem. Jadi, lebih baik lewat jalur tengah saja," kata Salim.

Namun, ujar Salim, risikonya, waktu tempuh bisa bertambah hingga 2 jam. Adapun lewat Pantura, jika lancar, rute Kuningan-Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 3 jam.

Ajun Komisaris Agun Guntoro, Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Subang, mengatakan kemacetan tak terhindarkan gara-gara pengerjaan proyek perbaikan jembatan dan jalan di Gamon. "Makanya kami mengalihkan arus melalui jalur-jalur alternatif supaya laju kendaraan bisa terurai," ujar Agun.

Pengerjaan 2 proyek di jalur utama Pantura Subang tersebut, kata Agun, akan berlangsung hingga awal Juli. "Informasi yang saya terima dari Kementerian Pekerjaan Umum seperti itu," ujar Agun. Pengerjaan jembatan dan jalan ruas Gamon-Patokbeusi tersebut mengejar target musim mudik lebaran 2011.

Jembatan yang kini diperbaiki merupakan jembatan kembar Gamon yang merupakan konstruksi lama. Sedangkan ruas jalan itu diperbaiki karena di lokasi tersebut terjadi penyempitan dan belum ada median jalan. Jika musim mudik di lokasi tersebut sering terjadi kemacetan dan kecelakaan.

NANANG SUTISNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar