Senin, 21 Maret 2011

SUBANG KEMBANGKAN BUDIDAYA TEMBAKAU

Subang, 21/3/2011 (Kominfo-Newsroom) Melalui program penanaman tembakau, wilayah Blok Cipeuteuy Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang melaksanakan pengembangan budidaya tembakau. Dimulai dengan 12 ribu pohon di atas lahan seluas 2 Ha yang disokong Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Kabupaten Subang. Bibit diperoleh dari Kabupaten Garut dengan harga tiap bibit Rp250.

Camat Tanjungsiang, Solih, AP, M.Si. mengatakan melalui percontohan sekarang, budidaya tembakau ini secara perlahan diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Subang.

“Kami melihat ada peluang besar untuk memajukan budidaya tembakau mengingat tingginya kebutuhan tembakau di daerah lain. Sementara bencana yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia, mengakibatkan rusaknya sentra-sentra tembakau seperti di Yogyakarta akibat erupsi Gunung Merapi, mengakibatkan ladang-ladang tembakau menjadi rusak dan tidak bisa difungsikan dalam waktu cepat.”

Mudah-mudahan kata dia, upaya ini bisa mengisi kebutuhan tembakau disejumlah daerah di tanah air. Peluang ini harus segera dimanfaatkan dari sekarang, ucapnya.

“Saya optimis upaya Pemkab Subang menjadikan Tanjungsiang sebagai penghasil tembakau akan berhasil,” katanya. (MC Subang/Td/rm)

http://www.bipnewsroom.info/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar